Kamis, 03 September 2015

Cara Cepat Bisa Mengetik dengan 10 Jari


Zaman sekarang siapa sih yang tidak kenal dengan komputer? Ya, setiap orang pasti tahu apa itu komputer karena saat ini adalah era digital yang setiap orang dituntut untuk bisa menggunakan komputer, bahkan ada orang yang pekerjaannya seharian di depan komputer.

Banyak manfaat yang bisa diambil dari menggunakan komputer, komputer bisa membantu kita untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan kita, misalkan mengerjakan tugas-tugas kantor bagi yang sudah bekerja, mengerjakan tugas-tugas kuliah bagi yang masih berstatus sebagai mahasiswa, membuat karya berupa tulisan, mencari informasi lewat internet, bersosialisasi dengan orang-orang di seluruh dunia lewat media sosial, dan manfaat-manfaat lainnya yang sangat banyak.

Saat ini komputer digunakan hampir oleh setiap orang dan hampir semua kalangan umur, tua atau muda, laki-laki atau perempuan, pelajar atau pekerja, dan kalangan-kalangan lainnya. Di antara pengguna komputer, ada yang sudah ahli dalam menggunakannya dan tidak sedikit juga yang masih gaptek (gagap teknologi) soal komputer. Sayang sekali jika saat ini kita masih gaptek soal komputer, karena seperti disampaikan tadi, komputer mempunyai banyak manfaat.

Salah satu aktivitas yang pasti orang lakukan ketika berinteraksi dengan komputer adalah “mengetik”, ya mengetik di atas keyboard. Kita semua pasti sudah tahu tentang keyboard, “keyboard” adalah papan yang terdiri dari tombol-tombol karakter yang digunakan sebagai alat input ke dalam komputer.

Bagi sebagian orang, mengatik dengan cepat adalah hal yang biasa karena tuntutan pekerjaan mereka yang mengharuskan memiliki kemampuan mengetik dengan cepat. Akan tetapi, tidak sedikit orang yang masih lambat dalam mengetik. Saya kira kemampuan mengetik dengan cepat adalah kemampuan atau keterampilan yang harus dimiliki saat ini, karena akan sangat membantu dalam mengerjakan pekerjaan-pekerjaan sehari-hari.

Bagi anda yang ingin bisa mengetik dengan cepat jangan khawatir, karena pada tulisan ini saya ingin berbagi tentang cara mengetik dengan cepat, yaitu mengetik dengan metode 10 jari, ya 10 jari, artinya semua jari yang kita miliki digunakan untuk mengetik, dan setiap jari memiliki fungsi masing-masing atau memiliki daerah masing-masing dalam papan keyboard.

Posisi Jari dalam Mengetik



Berikut ini adalah fungsi masing-masing jari dalam mengetik :

Jari Tangan Kiri


Jari
Tombol
Kelingking
Q, A, Z, 1, TAB, CAPS LOCK, SHIFT, dan CTRL
Jari manis
W, S, X, 2
Jari tengah
E, D, C , 3
Telunjuk
R, F, V, T, G, B, 4, 5
Ibu jari
Spasi dan ALT
 

Jari tangan kanan

Jari
Tombol
Ibu jari
Spasi dan Alt
Telunjuk
Y, H, N, U, J, M, 6, 7
Jari tengah
I, K, (koma), 8
Jari manis
O, L, (titik), 9
Kelingking
P, (titik koma), (garis miring), 0, [, ] , ‘, -, =, ENTER, SHIFT, CTRL
 

Untuk memperjelas penjelasan di atas, berikut ini adalah gambar tentang fungsi masing-masing jari yang digunakan untuk mengetik :


  gambar diambil dari sini.

Pengalaman Mengetik dengan 10 Jari


Awalnya saya tidak terbiasa mengetik dengan 10 jari, ketika awal saya belajar mengetik dengan 10 jari saya mengetik dengan sangat lambat karena belum hafal posisi-posisi tombol pada keyboard, jadi wajar saja jika anda mengalami kesulitan di awal belajar mengetik 10 jari, namanya juga belajar.

Baiklah, saya belajar mengetik 10 jari menggunakan bantuan software yang sangat bagus menurut saya, yaitu TyperShark Deluxe. Atau anda juga boleh mencoba Rapid Typing Tutor dan Kiran’s Typing Tutor. Berikut ini link download ketiga software berikut.

Di antara ketiga software di atas, saya lebih suka TyperShark Deluxe karea ada game yang asyik di dalamnya menurut saya. Belajar dengan menggunakans oftware-software di atas akan sangat membantu dalam belajar mengetik 10 jari. Jika anda latihan setiap hari, saya yakin dalam satu bulan anda sudah bisa mengetik 10 jari dengan kecepatan medium (WPM sekitar 25 – 30), seiring dengan latihan dan jam terbang, kecepatan mengetik anda pasti akan terus meningkat.

Di awal latihan memang sulit, karena anda belum terbiasa dengan tombol-tombol yang ada di keyboard, tapi dengan latihan yang sering dilakukan, seolah-olah jari anda punya mata dan anda bisa mengetik tanpa melihat keyboard.


Tips Latihan Mengetik 10 Jari


Tips dari saya untuk latihan mengetik 10 jari adalah :
1.    Jangan melihat keyboard ketika mengetik, di awal coba hafalkan dulu letak setiap tombol
2.    Utamakan akurasi, jangan fokus pada kecepatan, biar lambat tak masalah, yang penting akurasi atau ketepatan mengetik anda tinggi, karena kecepatan akan semakin bertambah seiring latihan
3.    Teruslah latihan sampai bisa, jangan bosan-bosan

Itulah trik dari saya berdasarkan pengalaman yang pernah saya alami dalam belajar mengetik dengan 10 jari.
Jika anda sudah bisa mengetik dengan 10 jari dengan kecepatan di atas 35 kata per menit (WPM/word per minute) dan akurasi di atas 90%, artinya latihan anda sudah berhasil dan anda tinggal meningkatkan WPM anda dengan sering latihan lagi.

Untuk meningkatkan WPM, anda juga bisa latihan secara online, saya biasanya mengunjungi situs di bawah ini untuk latihan dan meningkatkan kecepatan mengetik saya.

Secara perlahan WPM anda akan naik, buktikan sendiri.
Selamat berlatih!

Semoga artikel ini bermanfaat ya, silahkan tinggalkan komentar jika ingin bertanya.
 


1 komentar:

  1. Ayo Gabung bersama kami di DOMINOPELANGI (.)net
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Kami hadirkan permainan Terbaik dari DOMINO206 permainan
    dalam website
    Pusat Game Domino ONline Terpercaya Se-Asia
    Hanya cukup menggunakan 1ID saja anda sudah bisa menikmati 8 game Populer

    - Domino99
    - BandarQ
    - Poker
    - AduQ
    - Capsa Susun
    - Bandar Poker
    - Sakong Online
    - Bandar 66

    Tunggu apa lagi silahkan Registrasi diri anda bersama kami.
    Dan nikmati kembali BONUS REFFERAL terbesar 15% untuk anda.
    Untuk lebih informasi lebih lanjut kalian bisa langsung berdikskusi
    langsung dengan CS handal.

    MInimal Deposit 20rb
    Minimal Witdraw 20rb

    BBM : 2BE3D683 / E3EE3B63
    WA : (+85587480626)
    LINE : DOMINO206
    IG : domino_206


    Link Alternatif
    WWW .DOMINOPELANGI. NET
    WWW .DOMINOPELANGI. COM
    WWW .PELANGIDOMINO. NET

    Bank Online 24 jam (kecuali gangguan)
    - BNI
    - BCA
    - BRI
    - MANDIRI
    - DANAMON

    Salam Kemenangan ^_^

    BalasHapus